Danrem 083/Bdj: Mari Gelorakan TMMD ke-111 Dengan Semangat Gotong Royong

65
0
TINJAU: Danrem 083/Bdj Kol Inf Irwan Subekti bersama Forpimda Kabupaten Banyuwangi saat tinjau lokasi TMMD ke-111 Desa Kebaman Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi.

Pembukaan TMMD ke-111 TA 2021 Kabupaten Banyuwangi

Banyuwangi, Memox.co.id – Danrem 083/Bdj (Baladhika Jaya) Kol Inf Irwan Subekti hadir dalam pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 TA 2021 di Desa Kebaman Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi, Selasa (15/06/2021).

Dalam giat TMMD ke-111 yang dilaksanakan di Desa Kebaman Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi merupakan wilayah teritorial Kodim 0825/Banyuwangi yang secara serentak diadakan di 5 wilayah kabupaten Jawa Timur. Yang mana Kodim 0825/Banyuwangi masuk wilayah jajaran Korem 083/Bdj.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. Sih Wahyudi selaku Asisten 1 Pemkab Banyuwangi menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Banyuwangi karena tidak dapat hadir di acara pembukaan TMMD ke-111, dikarenakan sedang melaksanakan pembekalan dari Kemendagri.

Sementara Sekdakab Banyuwangi juga tidak bisa hadir karena sedang berada di luar kota dalam rangka kedinasan, sehingga mendelegasikan kepada Asisten 1 Pemkab Banyuwangi

Acara pembukaan TMMD ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima program TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0825/Banyuwangi oleh perwakilan Bupati Banyuwangi kepada Dandim 0825/Banyuwangi serta disaksikan oleh Danrem 083/Bdj Kol Inf Irwan Subekti.

Dalam sambutan singkatnya Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Irwan Subekti menjelaskan, program TMMD merupakan program lintas sektoral yang dalam pelaksanaannya melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta masyarakat. Dalam rangka membantu akselerasi pembangunan serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di daerah-daerah yang terisolir, terpencil, terbelakang dan tertinggal baik secara ekonomi, sosial maupun infra strukturnya.

Dengan TMMD ini, diharapkan akan semakin memantapkan wawasan kebangsaan segenap lapisan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan nasional yang kuat dan tangguh.

PENANDATANGANAN: Penandatanganan berita acara serah terima program TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0825/Banyuwangi oleh perwakilan Bupati Banyuwangi kepada Dandim 0825/Banyuwangi disaksikan Danrem 083/Bdj Kol Inf Irwan Subekti.

Ditegaskan olehnya, kegiatan TMMD dilaksanakan dengan mekanisme perencanaan secara bottom up. Satgas harus mampu menumbuh-kembangkan semangat gotong royong dan kesadaran masyarakat agar lebih berperan aktif dalam membangun daerahnya.

“Tidak kalah penting adalah melalui kegiatan TMMD yang bersifat non fisik, harus mampu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui kegiatan pelayanan kesehatan khususnya dalam mengantisipasi penyebaran Pandemi Covid-19, kesadaran hukum, wawasan kebangsaan, meningkatkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” ujarnya.

“Serta meningkatnya kesadaran bela negara, persatuan dan kesatuan bangsa guna tetap tegaknya NKRI yang sangat kita cintai. Hal ini senada dengan Tema TMMD ke-111 yaitu: TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri,” terangnya.

Program TMMD ke-111 tahun 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Juni 2021 sampai dengan 14 Juli 2021 di Desa Kebaman Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi selama tiga puluh hari.

Kegiatan pembukaan TMMD ke-111 dihadiri oleh Danrem 083/Bdj Kol Inf Irwan Subekti, Asisten-1 Pemkab Banyuwangi Drs. Sih Wahyudi, M.M., Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Inf Yuli Purwanto serta Forkopimda Kabupaten Banyuwangi.

Setelah kegiatan di Pendopo selesai, acara dilanjutkan dengan penyeraharan bantuan sosial secara simbolis kepada beberapa lansia yang ada di desa sasaran TMMD ke-111 serta penijauan langsung. (fik)