BRI Insurance dan BRI Serahkan Klaim Asuransi ke Pedagang Pasar Kutoarjo Korban Kebakaran

Teks: SIMBOLIS: Penyerahan klaim dilakukan oleh Pemimpin Cabang BRI Kutoarjo dan Pemimpin Cabang BRINS Yogyakarta di Pasar Kutoarjo, Selasa (17/9/2024). (ist.)
Teks: SIMBOLIS: Penyerahan klaim dilakukan oleh Pemimpin Cabang BRI Kutoarjo dan Pemimpin Cabang BRINS Yogyakarta di Pasar Kutoarjo, Selasa (17/9/2024). (ist.)

MEMOX.CO.ID – PT BRI Asuransi Indonesia (BRINS) bersama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyerahkan pembayaran klaim asuransi kepada para pedagang di Pasar Kutoarjo yang terdampak kebakaran yang terjadi, pada Jumat (16/9/2024).

Para pedagang yang menerima klaim tersebut merupakan nasabah BRI yang telah mengikuti program asuransi dari BRINS.

Penyerahan klaim dilakukan oleh Pemimpin Cabang BRI Kutoarjo, Ardika Prasetyo, dan Pemimpin Cabang BRINS Yogyakarta, Ari Pratama secara simbolis di Pasar Kutoarjo, Selasa (17/9/2024).

Ardika menjelaskan, terdapat 95 polis yang diserahkan dengan total nilai klaim sebesar Rp 475 juta, dan setiap nasabah menerima Rp 5 juta.

“Klaim ini merupakan bentuk perlindungan bagi para pedagang yang terkena musibah kebakaran pada Agustus 2024,” Sabtu (21/9/2024).

Dengan premi Rp 40.000 per tahun, nasabah BRINS terlindungi dari risiko kebakaran selama setahun penuh.

“Jika terjadi kebakaran, seperti yang dialami para pedagang di Pasar Kutoarjo, mereka akan otomatis ter-cover oleh BRINS (anak perusahaan dari BRI),” tambah Ardika.

Ari Pratama berharap, klaim yang diserahkan dapat menjadi modal bagi para pedagang untuk kembali memulai usaha mereka setelah kehilangan besar akibat kebakaran tersebut.

“Semoga santunan ini dapat membantu memulihkan usaha para pedagang. Meskipun nominalnya tidak besar, kami harap dapat bermanfaat,” ujar Ari.

Saat mengalami kebakaran, ratusan kios dan lapak di Pasar Kutoarjo hangus. Meskipun tidak ada korban jiwa, kerugian material yang dialami para pedagang sangat besar karena barang dagangan mereka ludes terbakar.

Salah satu penerima klaim, Sugiyati—pemilik kios kelontong di lantai dua Pasar Kutoarjo—mengaku terbantu dengan pembayaran klaim.

“Kerugian saya mencapai Rp 20 juta lebih, tetapi berkat asuransi BRINS ini, saya dapat meringankan beban yang ada,” ujar Sugiyati.

Sugiyati berencana menggunakan uang klaim untuk modal usaha dan pembayaran cicilan.

BRINS menawarkan berbagai produk asuransi dengan premi terjangkau, mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per tahun, termasuk Asuransi Mikro Kerusakan Tempat Usaha, Rumah, Motor, dan Proteksi.

Masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan ini melalui aplikasi BRINSmobile yang memudahkan pembelian asuransi, pengajuan klaim, hingga informasi bengkel rekanan. (*/cdp/mzm)