Antre 2 Jam Untuk Bisa Lewati Jembatan Pajarakan Yang Rusak

Antre dua Jam Untuk Bisa Lewati Jembatan
Antre dua Jam Untuk Bisa Lewati Jembatan. (foto:bhj)

MEMOX.CO.ID – Perbaikan jembatan Pajarakan di jalan nasional tepatnya di Desa Sukokerto Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo membuat ratusan kendaraan terjebak kemacetan panjang setiap hari. Hal di ini disebabkan jalur penghubung dari arah Surabaya – Banyuwangi dan sebaliknya diberlakukan syistem buka tutup.

Hingga Sabtu (16/9/2023), kemacetan panjang mencapai 10 kilometer baik dari arah barat, maupun dari arah timur jembatan . Kemacetan yang paling parah terjadi pada sore hingga malam hari. Butuh waktu 1 hingga 2 jam untuk bisa melewati jembatan tersebut.

Menurut  Mahhfud, salah seorang pengguna jalan, dirinya harus mengantre 1 sampai 2 jam lamanya untuk bisa lolos dari jembatan ini.

“Saya dari arah Situbondo tujuan Surabaya dengan kendaraan roda empat , sudah satu jam lebih mengantri di sini,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh warga yang bermukim di daerah di sekitar jembatan. Pihaknya lebih memilih menggunakan jalan tikus meski jalannya rusak parah.  Yang penting tidak terjebak dalam kemacetan panjang.

“Saya harus memutar arah mencari jalan kecil agar bisa sampai tujuan, padahal tujuan saya hanya seberang jembatan tersebut,” ungkap Ulum, warga Pajarakan.

Parahnya kemacetan panjang ini dikarenakan tidak adanya pengalihan kendaraan besar seperti truk  untuk menggunakan jalur alternatif . Jalur alternatif tersebut dengan melewati lintas selatan Lumajang Jember hingga Banyuwangi.

Perlu diketahui, rusaknya jembatan Pajarakan ini disebabkan 4 as penyangga bawah jembatan patah sejak 8 September lalu. Sampai saat ini sejumlah petugas terus melakukan perbaikan dengan melakukan pengelasan. Diperkirakan perbaikan ini akan rampung pada tanggal 20 September mendatang. (bhj/ono )