ACT Dirikan Posko di Malang Selatan

29
0
ACT Dirikan Posko di Malang Selatan
BAKSOS : Bersama TNI,Polri dan Pemdes Ringinsari ACT Gelar Baksos. (memo x/sur)
  • Peduli Korban Gempa Bumi

Malang, Memox.co.id – Aksi Capat Tanggap(ACT)wilayah Malang Raya, melalui program kemanusiaan melakukan Bakti Sosial (Baksos)disejumlah titik desa terdampak gempa bumi magnitudo 6,1 SR ini Sabtu(9/4/2021) kemarin lalu.

Seperti yang dilakukan oleh organisasi nirlaba profesional yang memfokuskan kerja-kerja kemanusiaan pada penanggulangan bencana ini dirumah Yati, warga terdampak gempa di Desa Ringin sari Rt 08 Rw 04 Desa Ringinsari Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Senen(12/4/2021) sore kemarin.

Salah satu relawan ACT untuk wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Gedangan Halimatus Sa’diyah menjelaskan,Baksos kali ini merupakan kolaborasi ACT bersama TNI, Polri dan Pemerintahan Desa Ringinsari.

“Salah satu kegiatan hari ini kami membantu membersihkan puing-puing reruntuhan tembok rumah warga terdampak,” terang wanita yang akrab disapa Halimah ini kepada Memo X. Sesuai pers rilis yang dikirim ACT Malang Raya dijelaskan,guna mempermudah pendistribusian bantuan, ACT mendirikan Posko di wilayah Malang Selatan seperti di SDN1 Pamotan Kecamatan Dampit.

Kemudian Posko unit 3 berada di kantor Desa Ringinsari Kecamatan Sumbermanjing Wetan.Sedangkan Posko unit 4 di Masjid Jami’ Gondanglegi. “Maksud didirikannya Posko ini untuk memudahkan pendistribusian bantuan darurat yang dibutuhkan warga, seperti kebutuhan pangan dan peralatan lainnya. Setidaknya bantuan itu dapat memenuhi kebutuhan darurat warga,”jelasnya.

Kini, pihaknya tengah mendistribusikan sebanyak 2 ton beras dan 100 karton kardus air minum di wilayah Kecamatan Dampit, Gondanglegi dan Sumbermanjing Wetan. “Kami yakin,memasuki hari ketiga pasca guncangan gempa bumi ini, masih banyak kebutuhan warga yang belum terpenuhi,seperti terpal, tenda, alas untuk tidur dan selimut. Serta kebutuhan mendesak untuk bayi adalah popok dan susu,” imbuhnya.

Tak hanya itu, tim ACT Malang ini juga terus melakukan penyisiran ke wilayah- wilayah terdampak yang belum dijangkau bantuan dari luar. “Tim terus bergerak menyisir wilayah yang belum dijakau, banyak informasi yang masuk. Maka dari itu relawan kami langsung terjunkan.” Ucap Iqrok Wahyu Perdana selaku kepala Cabang ACT Malang.

Selain berupa bantuan pokok, relawan ACT Malang juga turun terjun untuk membantu warga membersihkan puing -puing reruntuhan rumah. “Kita sementara membantu membersihkan puing, puing reruntuhan rumah.Dan rencana kedepan jika memang memungkinkan untuk dibangunkan rumah layak huni, insyaAllah akan kita upayakan,” pungkasnya. (sur/man)