10 Hari Lagi, Pendaftaran PPPK Dimulai

ilustrasi pegawai Pemkot Batu (ist)

MEMOX.CO.ID – Regulasi Kemenpan RB dalam menetapkan kuota formasi hingga pelaksanaan teknis ASN dan PPPK seluruh daerah tengah dilakukan secara masif. Pasalnya, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari penghapusan status honorer dan untuk Kota Batu mendapatkan jatah formasi PPPK sejumlah 303 formasi dengan seluruhnya tenaga teknis.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BKPSDM Kota Batu Muhammad Nur Adhim ketika dikonfirmasi pada Kamis (7/9/2023). “Untuk seleksi ASN dan PPPK akan dimulai pada 17 September 2023. Kota Batu hanya mendapat kuota PPPK sebanyak 303 dengan seluruhnya tenaga teknis,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk formasi PPPK akan disediakan untuk bagian teknis sehingga untuk formasi tenaga kesehatan dan guru di tahun ini dikosongkan meskipun dari Kemenpan RB juga membuka PPPK untuk tenaga guru dan PPPK tenaga kesehatan secara nasional. Sehingga dari 303 formasi tenaga teknis, terdiri dari 29 jabatan dan syarat bagi pelamar PPPK salah satunya pendidikan minimal adalah SMA, Diploma hingga S1.

Adhim juga menerangkan dengan adanya pembukaan seleksi PPPK ini juga bisa dimanfaatkan oleh 436 tenaga honorer dan 2009 tenaga tenaga harian lepas (THL) di Pemkot Batu. “Kami harap tenaga honorer dan THL bisa ikut dalam seleksi PPPK di Pemkot. Mengingat untuk loyalitas dan pengalaman sudah sangat mumpuni. Tinggal bagaianan bisa lulus dalam seleksi SKD dengan sistem CAT,” imbuhnya.

Terkait dengan pendaftaran, Adhim mengungkapkan bahwa seluruhnya terpusat di BKB secara online melalui web www.bkn.go.id. Sedangkan untuk Pemda melalui BKPSDM Kota Batu hanya bertugas melakukan verifikasi administrasi secara fisik. (rul)