Untuk Perbaikan Aspal Terminal Arjosari, Dishub Anggarkan Rp3 Miliar

Kondisi Terminal Arjosari Kota Malang.(memoX/cw1)

MEMOX.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana untuk melakukan revitalisasi Terminal angkutan kota Arjosari. Pemkot akan menggelontorkan dana sebesar Rp 3 miliar dalam pebenahan terminal tersebut.

Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra mengatakan, perbaikan terminal bertujuan untuk memberikan solusi terhadap kemacetan yang terjadi di jalanan. Sebab selama ini menurutnya, keluar masuknya angkutan kota masih dilakukan di berbagai titik Kota Malang.

“Kami perbaiki dengan harapan angkutan kota bisa keluar masuk dari terminal. Selama ini mereka ngetime dijalanan, di jalan Raden Intan. Selama ini Masuk dan keluarnya angkot itu disamping jalan kejaksaan itu,”ujarnya

Selain itu, Widjaja menambahkan jika Kemacetan sering terjadi akibat dari  oper-oper penumpang di jalan Raden Intan. Untuk itu nantinya akan dipindah di terminal Arjosari setelah dilakukan perbaikan.

“Jalannya rusak kan itu, glodak glodak kalau dilewati sehingga tidak nyaman. Belum juga tanda untuk jalur masing-masing trayek itu juga belum ada. Hancur jalannya,” tambah Widjaja,”seru Widjaja

Lebih lanjut, proses pelaksanaan pengerjaan tersebut dishub akan mengalihkan kepada Dinas PUPR-PKP Kota Malang. Untuk dana yang akan dianggarkan senilai Rp 3 miliar untuk aspal saja. Di Kota Malang, proses perbaikan sudah mulai dilakukan pada pekan keempat Januari 2022.

Dana perawatan yang disiapkan mencapai Rp 110,1 miliar. Di luar itu, Pemkot Malang masih menganggarkan dana sebesar Rp 16,9 miliar untuk pembangunan jalan baru alias pengaspalan jalan tanah. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Dandung Djulharjanto mengatakan, setidaknya ada 67 titik jalan rusak yang akan diperbaiki.