Hukum  

Sukseskan Tour De Panderman 2024, Polisi Malang Kota Terapkan Skema Buka Tutup Jalan

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Aristianto saat memberikan keterangan pers.

MEMOX.CO.ID – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Malang Kota telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengamankan jalur yang dilintasi oleh 1.777 peserta “Tour De Panderman Polda Jatim 2024” dengan menetapkan skema buka tutup jalan, Sabtu (08/06/2024).

Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno, lebih jauh dirinya menjelaskan, bahwa rekayasa lalu lintas akan dilakukan di Simpang Tiga Jalan Bandung pada Sabtu (8/6/2024) mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

“Rekayasa Lalin di Simpang Tiga Jalan Bandung akan diberlakukan Contra Flow mengingat Ribuan peserta Tour De Panderman akan melintas dari Jl Besar Ijen (Simpang Balapan) dan diluruskan ke Bundaran Jl Bandung. Kemudian, mereka akan diarahkan langsung ke Jl Mayjen Panjaitan.” ungkap Kompol Aristianto Jumat, (07/06/2024)

Kompol Aristianto memastikan meski Jl Mayjen Panjaitan dilintasi peserta Tour De Panderman, namun lalu lintas arah ke Timur (dari Dinoyo ke Malang Kota) tetap normal.

“Untuk mengantisipasi peserta atau pengendara agar tidak keluar jalur, kami dan Dishub telah memasang pembatas dengan water barrier,” ucap Kompol Aristianto.

Ia menjelaskan arus lalu lintas dari Jl Veteran akan dialihkan ke Jl Bogor dan kemudian diarahkan ke arah barat di Jl Mayjen Panjaitan.

“Untuk mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan di persimpangan, polisi akan menerapkan skema buka tutup bagi pengguna jalan dari arah Jl Bandung yang mengarah ke Jl BS Riadi.”

“Buka tutup dilakukan secara situasional, melihat estimasi kedatangan rombongan pesepeda.” Tambah Kompol Aris.

Untuk kelancaran jalur pengendara maupun Jalur Lintas Tour de Panderman Polresta Malang Kota juga berupaya Lain seperti melalui Polsek Klojen sudah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar, khususnya yang berdekatan dengan jalur lintas peserta di wilayah Kelurahan Penanggungan.

Satlantas Polresta Malang Kota telah berkoordinasi dengan pihak rektor Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Islam Malang (Unisma) terkait pelaksanaan wisuda di kedua kampus tersebut.

“Kami meminta pihak kampus, agar pedagang bunga atau fotografer dadakan, dimasukkan ke dalam area kampus untuk menjaga kelancaran jalur lintas dan keamanan peserta Tour De Panderman” Ujarnya.

Persiapan pam jalur sebanyak 646 personel gabungan, terdiri dari TNI-Polri, Dishub Kota Malang, Satpol PP Kota Malang, dan Supeltas, akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas selama pelaksanaan Tour De Panderman.

“Personel ditempatkan di pertigaan, perempatan, dan putaran balik (U-Turn),” jelasnya.

Perlu kita ketahui, bahwa Tour De Panderman 2024 diikuti oleh 1.777 peserta. Ada 8 kategori dalam balap sepeda ini dan tiap kategori akan dikawal oleh polisi maupun marshal.

Satlantas Polresta Malang Kota berharap agar masyarakat dapat mematuhi rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan untuk kelancaran dan keamanan bersama. (*)