Hukum  

Polres Malang Sukses Amankan Kunker Presiden Joko Widodo di Kabupaten Malang

MEMOX.CO.ID – Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, menggelar pengamanan kunjungan kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, di wilayah Kabupaten Malang.

Kasihumas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan, personel yang dilibatkan untuk pengamanan kunker Presiden RI, sebanyak 872 personel. Selain Polres Malang, pengamanan ekstra ketat juga dilakukan oleh Paspampres, personil gabungan dari unsur TNI, Brimob, dan Polsek jajaran.

“Pengamanan tidak hanya di lokasi tujuan kunjungan kerja, namun personel juga ditempatkan di persimpangan jalan yang dilintasi rombongan Presiden,” kata Iptu Taufik saat dikonfirmasi di Polres Malang, Senin (24/7/2023). 

Taufik menambahkan, kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di wilayah Malang kali ini berkesempatan meninjau pasar tradisional di Kecamatan Bululawang. Selain itu, Presiden juga mengunjungi industri pertahanan yang menjadi produsen alat pertahanan terkemuka di Asia, PT Pindad, di Kecamatan Turen.

“Kunjungan kerja Bapak Presiden di Kabupaten Malang berada di dua lokasi, yakni Pasar wilayah Kecamatan Bululawang dan PT Pindad di Kecamatan Turen,” ungkapnya.

Taufik menyebut, rangkaian kegiatan pengamanan kunker presiden di wilayah Kabupaten Malang berjalan dengan aman dan lancar. Seluruh personel yang bertugas telah melakukan pengamanan dengan baik sesuai penempatan tugas yang diberikan.

Pengamanan tersebut, lanjut Taufik, berdasarkan pembagian tugas dan pola sistem ring yang telah diterapkan. Pengamanan meliputi ring 1, 2 dan 3, yaitu Paspampres pada ring 1, untuk ring 2 tempat acara yang akan dikunjungi, sementara ring 3 di rute sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Kepolisian bersama unsur TNI juga melakukan apel gelar pasukan sehari sebelumnya di Lapangan Rampal Kota Malang, Minggu (24/7), sebagai antisipasi kesiapan terkait kegiatan kunjungan Presiden agar berjalan dengan aman dan nyaman.

“Alhamdulillah, selama kunker Presiden di dua lokasi di wilayah Kabupaten Malang berlangsung aman dan lancar,” pungkasnya. 

Seperti diketahui, Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo bersama Ibu Negara Hj Iriana melaksanakan kunker di wilayah Kabupaten Malang, Senin (24/7) siang. Turut mendampingi kunjungan Presiden yakni Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan KSAD Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman. (*)