Plt Camat Wonoayu Ingatkan Kades Terpilih Sinkronkan RPJMDes

22
0
Plt Camat Wonoayu Gundari menyaksikan penyerahan memori jabatan Kepala Desa Semambung, Kecamatan Wonoayu Rina Sumarlina kepada Naning Andiar. (par)

Sidoarjo, Memox.co.id – Plt. Camat Wonoayu Gundari mengingatkan Kades terpilih untuk segera menyusun RPJMDes selaras dengan RPJM Kabupaten. Hal itu disampaikan saat menyaksikan Sertijab Kepala Desa Semambung, Senin (29/3/2021)

“Guna melaksanakan pembangun desa yang sesuai dengan visi misi hendaknya kepala desa segera menyusun RPJMDes. Jangan lupa isinya harus diselaraskan dengan RPJM Kabupaten Sidoarjo, yang juga mengandung visi misi bupati. Sehingga keduanya selaras . Dengan keselarasan program diharapkan pembangunan desa akan terlaksana dengan baik karena mendapat dukungan dari kabupaten,” jelasnya.

Sementara Naning Andiar, Kepala Desa Semambung yang telah menerima memori jabatan kepala desa dari Rina Sumarlina menyatakan siap menyusun RPJMDes sesuai visi misinya dan diselaraskan dengan RPJM Kabupaten Sidoarjo.

“Batas penyerahan RPJMDes masih dua bulan lagi dan kami sudah mempunyai konsep sesuai visi misi saat pencalonan. Selanjutnya akan kami singkronkan dengan RPJM Kabupaten Sidoarjo. Yang jelas desa ingin tidak ada kendala dalam membangun dengan mendapat dukungan dari Pemda Sidoarjo,” tuturnya.

Dipesankan juga oleh Gundari bahwa pelaksanaan pembangunan desa yang akan datang baik fisik maupun pemberdayaan diharapkan berjalan lebih optimal dari sebelumnya.
Pasalnya anggaran yang sebelumnya banyak tersita ke bantuan BLT, dengan regulasi yang baru anggaran dapat dimaksimalkan pada pembangunan, karena kriteria penerima BLT DD lebih spesivik.

“Dengan regulasi baru kriteria penerima BLT DD lebih ramping yakni, warga setempat yang tidak mampu atau miskin yang artinya ber KTP setempat. Kedua warga miskin yang tidak menerima bantuan dari manapun. Dari kriteria tersebut dipastikan penerima BLT jauh berkurang sehingga anggaran dapat dipergunakan untuk membangun, ” harapnya. (par/ono)