Oleh : Enrico Roy Winata
MEMOX.CO.ID – Ilmu komunikasi adalah salah satu hal yang sangat penting di dalam suatu Perusahaan, bahkan di era digital seperti sekarang permintaan pasar untu lulusan Ilmu komunikasi semakin bertumbuh. Menurut data ada beberapa bidang yang sering dicari dari Ilmu komunikasi di antaranya ada Digital marketing, Public relations, Media dan Teknologi. Hal itu bukan tanpa sebab, Bidang tersebut dicari karena mereka mempunyai penguasaan tentang teknologi dan platform digital untuk menciptakan sebuah konten yang bisa mem branding sebuah Perusahaan, atau bisa saja memperbaiki masalah yang ada di suatu Perusahaan.
Ilmu komunikasi menurut Everett M Rogers adalah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan mengubah tingkah laku. Di zaman dulu Ilmu komunikasi ini menjadi peranan penting bagi instansi pemerintahan, mereka bertugas untuk menyampaikan informasi ke Masyarakat. Seorang komunikator juga dituntut untuk mampu menyampaikan informasi dengan cepat, tepat, dan akurat sehingga tidak menimbulkan kesalapahaman.
Jadi apa sih peran ilmu komunikasi dalam meningkatkan kualitas Perusahaan di dunia kerja? Jadi seorang manajer dari suatu Perusahaan harus mengusasai kepemimpinan dan mempunyai keterampilan manajemen komunikatif. Hal ini bertujuan agar pemimpin bisa mengelola perusahaannya dengan baik. Ilmu komunikasi juga mengajarkan bagaimana cara mengembangkan kemampuan kepemimpinan, delegasi tugas, dan bagaimana memotivikasi tim.
Ilmu komunikasi juga dituntut untuk bisa menyelesaikan Krisis atau masalah yang ada di Perusahaan internal ataupun eksternal, mereka diharuskan untuk riset apa yang menyebabkan/inti dari krisis tersebut. Setelah itu meraka diharuskan membuat program yang bisa menyelesaikan krisis tersebut. Selain itu mereka juga diajarkan untuk bisa membuat program yang bisa branding Perusahaan mereka supaya bisa dikenal olleh Masyarakat luas. Hal ini dilakukan oleh lulusan Ilmu komunikasi di bidang Public relations.
Ilmu komunikasi juga bisa meningkatkan keterampilan public speaking kita supaya di dalam dunia kerja para lulusan ilmu komunikasi bisa menyampaikan gagasan/ atau idenya dengan jelas meyakinkan dan dapat mempengaruhi audience. Selain itu keterampilan negosiasi juga diasah di ilmu komunikasi agar bisa mendapatkan hubungan yang saling menguntungkan antar pihak satu dan pihak dua.
Demikianlah beberapa contoh peran ilmu komunikasi dalam meningkatkan kualitas Perusahaan dunia kerja tanpa ilmu komunikasi mereka tidak bisa mengelola Perusahaan dengan maksimal dan bahkan ada Perusahaan yang harus gulung tikar akibat kurangnya pengetahuan untuk menyelesaikan masalah Perusahaan mereka. (*)






