Pengalihan Lalin di Beberapa Tempat Menjadi Satu Arah

50
0
Pemugaran Median di Jalan Kayutangan Persiapan Pemasangan Rambu-Rambu di Jalan Raya Sawojajar.

Malang, Memox.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, melakukan penerapan jalur satu arah di beberapa tempat mulai dari Jalan Sawojajar, Jalan Tangkuban Perahu, dan Kayutangan Heritage.

Untuk saat ini dari tiga tempat yang akan dirubah menjadi satu arah, Sawojajar menjadi daerah pertama yang sudah melakukan uji coba selama kurang lebih 2 minggu.

Menurut penjelasan Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Handi Priyanto, bahwa penerapan satu arah secara resmi akan dilakukan setelah pemasangan rambu-rambu lalu lintas di beberapa titik yang sudah ditentukan.

“Kini kita sedang melakukan pemasangan rambu-rambu dibeberapa titik yang telah kami petakan. Jadi untuk penerapan secara resminya bakal dilaksanakan setelah rambu dipasang semua. Kalau enggak sekarang, ya besok,” ungkapnya saat diwawancarai awak media, Minggu (14/2/2021).

Kemudian bagi Jalan Tangkuban perahu nantinya masih akan dilakukan pemasangan rambu-rambu lalu lintas setelah pengerjaan di Jalan Sawojajar rampung.

“Tahapannya nanti setelah di Sawojajar selesai pemasangannya akan dilanjutkan menuju tempat selanjutnya di Tangkuban Perahu,” ujarnya.

Sedangkan terkait Jalan Kayutangan yang terlihat dari pantauan wartawan Memo-X, telah dilakukan pembongkaran median disepanjang Jalan. Handi mengatakan, berdasarkan hasil rapat Forum Lalu Lintas (Forum Lalin) beberapa waktu lalu, memang dari pihak DPUPRPKP Kota Malang memaparkan ada rencana di Jalan Kayutangan bakal menjadi satu arah.

“Kalau yang dipaparkan oleh PU, memang itu akan dijadikan satu arah. Tapi masih belum karena kita masih akan mendiskusikannya melalui forum lalin. Terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai perubahan rute, dan skema lalinnya,” tuturnya.

Namun terkait kapan realisasi penerapan satu arah di Jalan Kayutangan, Handi masih akan melakukan rapat forum lalin lanjutan, guna membahas langkah selanjutnya.

“Masih akan kita bahas lagi di forum lalin. Nanti akan kita sampaikan pada saatnya. Sekarang kan masih dalam tahap pembongkaran, setelah itu masih ada proses dan tahapan lain. Jadi tidak langsung dijalankan satu arah,” tutupnya. (gab)