Pemkab Bojonegoro Ikuti Festival Media Digital Pemerintah 2023, Menjawab Tantangan Disrupsi

Pemkab Bojonegoro Ikuti Festival Media Digital Pemerintah 2023, Menjawab Tantangan Disrupsi
Pemkab Bojonegoro Ikuti FMDP 2023. (foto:ist)

MEMOX.CO.IDPemkab Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengikuti kegiatan Festival Media Digital Pemerintah (FMDP) tahun 2023. Acara yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) ini berlangsung Rabu-Kamis, 29-30 November 2023 di Hotel Tentrem Yogyakarta.

Kegiatan ini bertema “Menjawab Tantangan Disrupsi Lewat Inovasi dan Kolaborasi”. Peserta berasal dari Dinas Komunikasi dan Informatika se Jawa. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kolaborasi dan memperkuat sinergi antar lembaga pemerintah untuk mendukung perwujudan transparansi, partisipasi publik dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik melalui pemanfaatan media digital,

Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Adriyati Iskak, dalam sambutannya menyebutkan acara ini juga merupakan rangkaian kegiatan konferensi yang disertai workshop dan mini pameran media digital pemerintah yang berjumlah 11 both. FMDP 2023 ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan setelah pandemi Covid-19.

“Tujuannya memberikan wawasan kepada bapak dan ibu dalam pelaksanaan tugas dan fungsi komunikasi pemerintahan. Kemudian menambah pengalaman dengan dinamika dalam tugas untuk berkomunikasi melakukan pengemasan maupun penyebaran informasi dan komunikasi pemerintah,” ujar Yayuk.

Menurut dia, di era disrupsi saat ini komunikasi merupakan sektor yang paling terkena dampak. Karena itu, kesempatan untuk mengoptimalkan perilaku dari budaya masyarakat yang berbeda di era disrupsi dapat diambil karena masyarakat lebih mudah mengakses informasi apapun.

“Oleh karena itu kami berharap ini bisa berlangsung secara interaktif sehingga ilmu dari kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan di instansi kita masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hasyim Gautama menjelaskan bahwa media sosial memiliki peran kuat dalam menunjang dan mendorong kemajuan suatu negara.