Beranda Peristiwa Orang Rela Menderita Jalani PSBB, KSPI Rencanakan Demo Besar-besaran Tolak Omnibus Law...

Orang Rela Menderita Jalani PSBB, KSPI Rencanakan Demo Besar-besaran Tolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja

33
0

Jakarta, Memox.co.id – Pemprov DKI Jakarta telah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sejak Jumat, 10 April 2020. Dimana salah satu poinya adalah pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum.

Akan tetapi, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) merencanakan aksi demo besar-besaran tolak omnibus law Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta kerja pada 30 April 2020 mendatang.

Dalam menggelar aksinya tersebut, KSPI memastikan akan tetap mengikuti aturan soal physical distancing.

“Dalam aksi nanti buruh akan tetap menjaga jarak peserta aksi, memakai masker, dan membawa hand sanitizer,” ujar Presiden KSPI Said Iqbal, Kamis (16/4/2020).

Said Iqbal menambahkan, tuntutan dalam aksi ini adalah menolak omnibus law RUU Cipta Kerja, stop PHK, dan liburkan buruh dengan upah penuh selama pandemi Covid-19 berlangsung.

“Dengan asumsi yang sama, maka kami minta aksi puluhan ribu buruh pada 30 April pun harus diizinkan dan tidak dihalang-halangi,” sambungnya.

Aksi rencananya dilaksanakan di depan DPR RI dan Kantor Kemenko Perekonomian, dan akan melibatkan 50 ribu buruh. Mereka tidak hanya menolak omnibus law RUU Cipta Kerja, tapi juga menuntut agar tidak ada PHK selama pandemi Corona. (det/fik)