Momentum HUT Kota Malang ke-107, DPRD Ingin Dorong Pemulihan Ekonomi

37
0
Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika. (memo x/ist)

Malang, Memox.co.id – Hari ini Kamis 1 April 2021 Kota Malang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-107. Mengenai hal itu Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, berkeinginan adanya peningkatan ekonomi ditengah masyarakat.

Didasari pada kondisi Kota Malang yang cukup terdampak khususnya pada bidang perekonomian akibat pandemi covid-19. “Kita menginginkan Kota Malang  bangkit dan lebih baik lagi dari semua sisi. Terutama dari sisi pemulihan ekonomi, pasca pandemi,” ujarnya.

Melalui pemulihan ekonomi itu dirasa menjadi salah satu upaya yang penting untuk mengatasi dampak wabah virus yang berasal dari Kota Wuhan, China tersebut. Dari situ, Made mengharapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, bisa memberikan terobosan-terobosan mengenai  pemulihan ekonomi yang menjadi fokus utama.

“Karena dengan sebaik-baiknya program jika tidak ada daya beli tidak akan mampu,” tuturnya. Sehingga Pemkot Malang perlu meningkatkan daya beli masyarakat. Namun tidak berfokus hanya pada usaha-usaha kecil seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Industri Kecil Menengah (IKM), melainkan perlu melihat usaha menengah yang keatas juga,” urai dia.

“Untuk saat ini yang perlu ditingkatkan sama pemerintah itu adalah daya beli masyarakat, tentu saja dari hal-hal kecil, usaha-usaha kecil seperti UMKM, IKM, Usaha menengah juga harus dipulihkan kemudian juga usaha yang besar,” tambah Made.

Lebih lanjut, Made berharap agar sistem belajar mengajar bisa segera dilakukan secara tatap muka atau luring, sebab hal tersebut juga memiliki kaitannya dengan geliat perekonomian masyarakat.

“Agar segera bisa melakukan tatap muka sekolah, karena dengan tatap muka sekolah itu, nanti bakal banyak UMKM yang bergeliat. Kami harapkan ada simultan yang dilakukan bahwa kita ini berada pada masa yang tidak biasa-biasa saja jadi harus ada upaya-upaya ekstra,” tandasnya.

Harapan yang disampaikan Ketua DPRD Kota Malang, tentu mewakili suara warga Kota Malang. Sejak Pandemi Covid-19 berlangsung, seluruh tatanan kehidupan berubah total. Tak ada lagi celoteh siswa di sekolah.

Tak ada lagi aktivitas perkulihan, aktivitas masyarakat di kantor, di pasar, dan tempat lain serba dibatasi demi mencegah penularan Covid-19. “Ribuan siswa dan mahasiswa belajar dri rumah. Kalau pembelajaran tatap muka segera dimulai. Tempat kost isi lagi, penjual masakan, kedai kopi, usaha laundry Kembali bergeliat. Itu harapan kami mewakili warga Kota Malang,” ucap  Made.

Diakhir percakapannya, politikus PDIP Kota Malang mewakili anggota dan Ketua DPRD Kota Malang serta warga Kota Malang mengucapkan Dirgahayu Kota Malang ke 107 tahun. “Semoga rasa kepedulian dan rasa berbagi terus digelorakan oleh seluruh elemen masyarakat Kota Malang,”pungkasnya (gab/man)