Minim Pengawasan, Sejumlah Truk Pengangkut Material Tambang Berkeliaran Tanpa Penutup Terpal

Truk pengangkut matrial tambang di jalur Gending berkeliaran tanpa penutup terpal.
Truk pengangkut matrial tambang di jalur Gending berkeliaran tanpa penutup terpal. (foto:bhj)

MEMOX.CO.ID – Puluhan truk bermuatan material tambang bebas berkeliaran di sepanjang jalan pantura tepatnya di jalan Pantai Bentar arah timur. Kendaraan besar dengan jenis dump truk tersebut bermuatan material tanah urug tanpa dilengkapi dengan penutup terpal. Akibatnya, debu yang di dalam truk tersebut beterbangan mengenai pengguna jalan lainnya.

Minimnya pengawasan dari patroli lalu lintas Polres Probolinggo membuat  truk material itu bebas melintas dengan bak terbuka. Salah seorang pengguna jalan mengatakan, jika setiap melintas di daerah jalur pantura selalu  berpapasan dengan dump truk pengangkut material tanah urug.

“Saya tadi melintas di jalan pantura Pantai Bentar , waktu di belakang truk, selalu dihujani dengan debu hingga mengenai mata , bahkan sejumlah kendaraan roda dua harus berhenti mendadak karena mata terkena debu material,” ujar Muzammil, sopir Stikes Hafshawaty Genggong.

Pihaknya meminta kepada aparat terutama polisi lalu lintas agar terus memantau jalan pantura .

Sementara Kanit Patroli Polres Probolinggo Aipda Totok mengatakan, akan menindak tegas truk truk pengangkut material yang tidak dilengkapi dengan penutup terpal.

“Kami ingatkan kepada pemilik truk supaya menutup baknya agar tidak membahayakan pengguna jalan lain,” tandasnya.

Saat ini banyak dump truk bermuatan material tanah urug berkeliaran di jalan Pantura tarutama daerah Gending ke timur. Hal ini disebabkan proyek jalan Tol Probowangi sudah memasuki daerah Kraksaan dan sekitarnya. (Bhj/ono)