Logistik Pemilu di Kota Batu Datang, Pertengahan Januari Ditarget Lengkap

Kedatangan logistik untuk Pemilu 2024 di KPU Kota Batu (rul)

MEMOX.CO.ID – Persiapan logistik untuk pemilu serentak 2024 di Kota Batu mulai datang dan ditargetkan akan lengkap pada pertengahan Januari mendatang. Hal ini dibuktikan dengan datangnya tinta sebagai logistik pertama dengan jumlah 1.222 botol tinta plus 10 botol cadangan yang nantinya akan disebar ke 611 TPS di tiga kecamatan.

Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto membenarkan hal tersebut ketika dikonfirmasi pada Senin (30/10/2023). “Jadi nantinya masing-masing TPS akan mendapatkan dua botol tinta. Logistik pertama datang pada Selasa pekan lalu dan saat ini 1.222 botol tinta itu disimpan rapi di gudang cadangan,” katanya.

Lebih lanjut, pada kedatangan berikutnya logistik yang akan disuplai oleh KPU pusat 4 kotak suara dan 5 bilik suara. Meskipun begitu ia belum bisa memastikan kedatangannya karena masih harus didistribusikan ke KPU Provinsi sebelum akhirnya diterima di masing-masing daerah.

“Nanti sebelum kedatangan surat suara, kami bersama Bawaslu dan Polres Batu akan melakukan pengecekan ke lokasi pengadaan surat suara yang ada di Tangerang untuk memastikan surat suara untuk DPRD Kota Batu sudah sesuai dapil atau belum. Juga memastikan agar tidak ada kesalahan pengiriman. Takutnya surat suara milik Kota Batu malah dikirim ke Madiun,” imbuhnya.

Baca juga: DPRD Minta Pemkot Batu Manfaatkan Pasar Among Tani Untuk Gelaran Event

Menurutnya, yang perlu diwaspadai perihal kesalahan surat suara mulai dari DPRD Kota Batu, DPRD Provinsi hingga DPR RI mengingat untuk surat suara memiliki wilayah dan daerah masing-masing. Terlebih untuk surat suara tidak langsung datang semuanya namun akan datang secara bertahap entah surat suara DPRD Kota Batu lebih dulu atau yang lainnya.

Disinggung terkait kebutuhan gudang logistik Heru mengungkapkan jika sudah tak ada lagi permasalahan lantaran saat ini gudang penyimpanan logistik milik KPU Kota Batu ada dua yakni udang cadangan yang ada di depan kantor KPU Kota Batu dan gudang asli yang ada di belakang kantor KPU Kota Batu. “Gudang yang belakang itu luasnya 400 meter persegi. Itu gudang sewa yang disediakan oleh KPU RI. Kalau disusun kotak, bisa sampai lima kotak ke atas. Untuk biaya penyewaan seluruhnya ditanggung KPU RI sebesar Rp335 juta. Namun setelah dipotong pajak, penerima menerima sekitar Rp285 juta,” tandasnya. (rul)