KPU Kabupaten Probolinggo Membutuhkan 23.625 Petugas KPPS

KPU Kabupaten Probolinggo Membutuhkan 23.625 Petugas KPPS
KPU Kabupaten Probolinggo Membutuhkan 23.625 Petugas KPPS (foto:bhj)

MEMOX.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo membuka lowongan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pemilu 2024. Total kuota yang dibutuhkan sebanyak 23.625 orang.

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM Dr Ali Wafa menjelaskan, keseluruhan petugas yang dibutuhkan tersebut selanjutnya akan mengisi 3.375 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Setiap TPS akan diisi oleh 7 orang. Mereka akan berkerjasama untuk melaksanakan pemungutan hingga rekapitulasi suara di tingkat TPS.

“Pendaftaran petugas KPPS ini akan dilakukan pada tanggal 11 sampai 20 Desember 2023,” katanya, Minggu (10/12/2023).

Ali menuturkan, sebelum mendaftar, masing-masing orang harus memperhatikan syarat-syarat yang telah ditentukan. Diantaranya, sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan usianya tidak boleh lebih dari 55 tahun.

Memiliki ijazah terakhir minimal SMA/SLTA sederajat. Lalu syarat sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter, dengan proses pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, dan cek kadar gula darah.

“Jadi belajar dari pengalaman yang pemilu lalu itu, kebanyakan yang meninggal itu karena faktor usia dan juga kesehatan. Makanya ini sekarang diberlakukan syarat begitu,” tambahnya.

Ali menambahkan, proses rekrutmen KPPS itu menjadi wewenang dan tanggung jawab Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan. Dan pada proses rekrutmen akan memperhatikan keterwakilan 30 persen perempuan dan penyandang disabilitas.(bhj/ono)