Beranda Pemerintahan Khofifah Pastikan Siap Lakukan Ground Breaking

Khofifah Pastikan Siap Lakukan Ground Breaking

20
0

Bandara Kediri Masuk Tahap Akhir

Surabaya, MemoX.co.id
Persiapan pembangunan Bandara Kediri sudah memasuki tahap akhir. Bandara yang akan menjadi poros baru di kawasan Jawa Timur bagian selatan ini siap dilakukan ground breaking. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Senin (2/9/2019) pagi. Khofifah mengatakan, kepastian itu juga telah didiskusikan bersama Menko Maritim RI Luhut Binsar Panjaitan beberapa hari yang lalu di Kediri.


“Terealisasinya Bandara Kediri nanti akan menjadi percepatan upaya memangkas kesenjangan dan ketimpangan antara Jawa Timur bagian utara dan Jawa Timur bagian selatan. Sebab dengan adanya bandara di Kediri bakal menstimulasi pertumbuhan ekonomi baik di sekitar bandara maupun akses ke berbagai destinasi wisata di kawasan tersebut,” terangnya.


Terlebih kini juga ada perkembangan sektor perkebunan dan hortikultura di kawasan Selingkar Wilis.


“Minggu lalu pak Menko Maritim bersama tiga menteri lainnya datang langsung ke Kediri. Kami harap kedatangan beliau itu bisa mempercepat dimulainya pembangunan Bandara Kediri. Hal ini juga seiring dengan dimasukkannya salah satu dari tiga prioritas pembangun Jatim adalah Selingkar Wilis,” kata Khofifah.


Pembangunan bandara di Kediri ini, tambah Khofifah, sudah dalam persiapan akhir dan siap dilakukan ground breaking dalam waktu dekat.Namun sebelumnya, dibutuhkan sosialisasi secara komprehensif kepada semua stake holders agar terbangun kesepahaman yang baik antar semua pihak.


Terutama untuk menyerap aspirasi masyarakat dan pengembangan wilayahnya ke depan, sehingga tercipta sinergitas yang berkelanjutan dan saling menguntungkan.


“Namun pada dasarnya kami mendukung upaya percepatan itu. Karena adanya bandara di Kediri akan mempercepat pengembangan Selingkar Wilis, baik sektor wisata, UMKM, perkebunan, hortikultur maupun perikanan,” imbuh Khofifah.


Pemerintah memastikan pembangunan infrastruktur ini tidak akan merugikan masyarakat. Diharapkan keberadaan bandara di Kabupaten Kediri ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar bandara.


Proyek pembangunan bandara akan dimulai pada awal tahun 2020. Selain itu, pembangunan bandara ini juga merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi sebagai salah satu komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kediri dan sekitarnya.


Rencananya proyek yang akan dikerjakan di Kabupaten Kediri bagian barat ini mencakup tiga wilayah kecamatan yaitu, Tarokan, Grogol dan Banyakan. (ace/jun)