Kendalikan Inflasi, TPID Ingatkan Masyarakat Kota Probolinggo Bijak Berbelanja

Kendalikan Inflasi, TPID Ingatkan Masyarakat Kota Probolinggo Bijak Berbelanja
Dialog interaktif yang dilakukan TPID Kota Probolinggo. (foto:ist)

MEMOX.CO.ID – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Probolinggo mengingatkan masyarakat untuk berbelanja secara bijaksana sesuai dengan kebutuhan, dan memenuhi asupan kebutuhan keluarga secara wajar. Hal itu disampaikan Ketua TPID Kota Probolinggo,  drg. Ninik Ira Wibawati, saat dialog interaktif bersama Badan Pusat Statistik Kota Probolinggo, Rabu (27/09/2023) di Radio Suara Kota FM.

“Ayo kita bersama-sama secara bijak dalam berbelanja. Tidak selalu menggantungkan kebutuhan pokok kita pada beras atau nasi, karena asupan karbohidrat juga bisa didapat dari bahan pangan lain. seperti singkong, jagung atau kentang. Stop boros pangan, ambil secukupnya dan habiskan,” pinta Ninik Ira Wibawati.

Lebih jauh, Ninik Ira Wibawati mengatakan, meski inflasi yang dialami Kota Probolinggo bulan Agustus 2023 cenderung landai, yakni sekitar 0.08 persen, namun terdapat beberapa risiko inflasi yang perlu diwaspadai, seperti meningkatnya kebutuhan bahan pangan strategis masyarakat.

“Jangan lupa cermati harganya, cerdas dan bijak belanjanya. Lakukan pola konsumsi yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan pokok,”tandasnya.

Sementara, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Probolinggo Heri Sulistio mengatakan, tingkat inflasi month to month (m-to-m) Agustus 2023 sebesar 0,08 persen dan tingkat inflasi year to date (y-to-d) Agustus 2023 sebesar 1,68 persen.

Jika dilihat secara grafik perkembangan inflasi month to month perbandingannya dari tahun 2021-2023, maka dapat dilihat bahwa inflasi di bulan Agustus 2023 lebih tinggi dibanding inflasi month to month di bulan Agustus tahun 2021 dan 2022.

Sedangkan secara year to date inflasi pada tahun ini lebih rendah dibandingkan Agustus tahun 2022 lalu yang mana pada tahun tersebut yakni 3,19 persen, namun lebih tinggi dari Agustus tahun 2021 yang pada saat itu sebesar 0,75 persen.

“Ditinjau dari inflasi year on year Kota Probolinggo pada Agustus 2023 mengalami inflasi sebesar 3,91 persen yang mana hal ini lebih rendah dari inflasi year on year Agustus 2022,” tuturnya.