Kapolres Batu: Deteksi Dini Aksi Meresahkan Masyarakat Sangatlah Penting

60
0
PERIKSA: Kapolres Batu AKBP Catur bersama Walikota Batu Dewanti Rumpoko saat melaksanakan pemeriksaan pasukan Operasi Lilin Semeru 2020.

Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 Polres Batu

Batu,Memox.co.id-Polres Batu bersama Kodim 0818 Kab Malang-Batu dan Pemerintah Kota Batu gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 dalam rangka Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, bertempat di Alun-alun Kota Batu, Senin (21/12/2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo,S.I.K, MH, Walikota Batu Dra. Hj. Dewantie Rumpoko, MSi, Sekda Kota Batu Zadiem Efisianesi, Msi, Pabung Dandim 0818 Malang -Batu Mayor Inf Choirul Efendi, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi , Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Batu serta Ormas ( Organisasi Masyarakat).

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Batu AKBP Catur membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang pada intinya kalau pelaksanaan Operasi Lilin 2020 ini lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan Prokes ( Protokol Kesehatan) guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2021 dengan rasa aman dan nyaman.

PEMUSNAHAN: Pemusnahan knalpot bronng hasil operasi Satlantas Polres Batu oleh Kapolres Batu AKBP Catur didampingi Kasat Lantas AKP Mala Darlius

Operasi Lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga 5 Januari 2021. Polri telah melaksanakan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum.

Termasuk aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan,” ujar Kapolres Batu AKBP Catur seperti yang disampaikan Kapolri dalam amanatnya.

Setelah pelaksanaan gelar pasukan dilanjutkan dengan pemusnahan ribuan botol miras dan knalpot brong hasil sitaan dari operasi kepolisian yang digelar sebelumnya bertempat di halaman Parkir Batu Plaza Kota Batu.(fik)