Kandang Ayam di Wajak Terbakar, 8 Ribu Ayam Terpanggang, Rugi Rp350 Juta

Kandang Ayam di Wajak Terbakar, 8 Ribu Ayam Terpanggang, Rugi Rp350 Juta
Kebakaran kandang ayam di Desa Bambang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. (foto damkar)

MEMOX.CO.ID – Musibah kebakaran kandang ayam terjadi di Desa Bambang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Selasa (25/6/2024). Bangunan dan 8 ribu ayam ludes terpanggang hidup-hidup membuatnya pemiliknya rugi hingga Rp 350 juta.

Kapolsek Wajak AKP Sumarsono mengatakan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 04.30 pagi. Di mana, pemilik ayam yang bernama Jurianto sekitar pukul 04.30 itu memberi makan dan minum ribuan ayam yang masih berumur 15 hari.

“Setelah itu korban langsung keluar dari kandang,” katanya.

Tidak lama kemudian, korban melihat ada kobaran api yang membakar kandang. Mengetahui musibah itu, ia berusaha melakukan pemadaman dan meminta bantuan warga.

Sontak warga bahu-membahu memadamkan api dengan alat seadanya. Namun api sudah terlanjur membesar membakar seluruh kandang yang berisi sekitar 8 ribu ekor anak ayam.

Dari kejadian itu, dilaporkan kepada pihak kepolisian dan pihak damkar Kabupaten Malang. Kata Sumarsono, sebanyak tiga unit damkar dikerahkan.

“Sekira pukul 07.00 WIB api sudah berhasil dipadamkan,” katanya.

Diduga, api berasal dari open pengagat ayam yang terbuat dari kaleng bekas cat berisi arang. Alat itu, lanjut Sumarsono diduga terguling yang kemudian membakar lantai kandang yang penuh dengan sekam

“Selanjutnya api merambat dan membakar ayam dan seluruh bagunan kandang dan isinya. Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp350 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Sigit Yuniarto Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang menyebutkan, kejadian terjadi pukul 04.30 WIB. Laporan masuk 05.40 WIB.

“Berangkat ke lokasi 05.40 dan tiba ke lokasi 06.00 WIB. Api berhasil dipadamkan pukul 07.00 WIB,” pungkasnya. (nif/syn)