Jelang Lebaran Idul Fitri, Harga Bahan Pokok Stabil di Kabupaten Malang

Jelang Lebaran Idul Fitri, Harga Bahan Pokok Stabil di Kabupaten Malang
Daging ayam di pasar Kepanjen Kabupaten Malang. (Foto:nif)

MEMOX.CO.ID – Memasuki hari raya Idul Fitri 1445H/2024 M, kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Malang terpantau stabil. Kemudian harganya juga sesuai, tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan.

Bupati Malang M Sanusi menyebut, misalnya telur. Di pasaran saat ini dijual Rp 23 ribu. Harga ini turun jika dibandingkan sebelumnya yang kisaran angka Rp 27-28 ribu perkilogram.

“Harga sebelumnya dijual Rp 27-28 ribu, tetapi tidak boleh diborong,” katanya, Kamis (4/4/2024).

Kemudian daging sapi. Di pasaran saat ini dijual Rp 115 ribu, dari harga sebelumnya Rp 120 ribu. Artinya harga masih relatif stabil. Kendati demikian, orang nomor satu di Kabupaten Malang itu berharap, terus menjaga dan memastikan agar harga di pasar tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan.

Selain itu, ia mengaku Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) selalu menghindarkan pasar murah. Hari ini (Kamis, red) TPID Kabupaten Malang kembali menggelar pasar murah di Halaman Parkir Pasar Dampit, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Tujuannya, untuk pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Malang.

“Kami menyediakan sejumlah bahan pokok untuk warga Kecamatan Dampit dengan harga terkangkau,” katanya.

Seperti beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan), beras ini disediakan sebanyak 7 ton dengan dijual Rp 51 ribu per 5 kilogram. Minyak Kita 480 liter dengan dijual Rp 13 ribu. Sedangkan di pasaran dijual Rp 17-19 ribu.

“Ada juga gula PG Kebonagung sebanyak 1 ton dijual Rp 16 ribu. Di pasaran Rp 17 ribu,” katanya.

Kemudian telur disediakan 150 kilogram dengan harga Rp 23 ribu. Sedangkan di pasaran dijual Rp 26 ribu. Daging ayam 50 kilogram dijual Rp 31 ribu sedangkan di pasaran Rp 35 ribu perkilogram.

Dengan hadirnya pasar murah ini, diharapkan dapat membantu dalam mengakses pangan dan mencukupi kebutuhan bahan pangan pokok di Kabupaten Malang.

”Kondisi harga bahan pokok di pasar saat ini masih stabil. Tidak ada lonjakan kenaikan harga seperti cabai merah, bawang merah dan putih normal, daging juga demikian harganya normal,” pungkasnya. (nif/syn)