Dilantik, Anggota Muda DPRD Harus Bisa Beradaptasi.

Bangkalan, MemoX.co.id
Anggota DPRD Bangkalan periode 2019-2024 beberapa diduduki oleh anggota muda. Bahkan, beberapa diantaranya masih berkuliah dan baru lulus kuliah.


Surokim Dosen Ilmu Komunikasi Politik sekaligus Dekan fakultas ilmu sosial dan budaya Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengatakan, banyaknya anggota muda harus menjadi semangat reformatif kinerja dewan.


Menurutnya banyak plus minus dari adanya anggota muda, dari segi kelebihan semangat perubahannya kuat jadi progresivitas dan akselerasinya lebih bisa diandalkan namun harus sebanding dengan kapasitas dan kompetensi masing-masing anggota. Sebaliknya, dari segi kekurangan, masih minimnya pengalaman dan pemahaman secara teknis serta cakupan konteks belum mencukupi.


“Satu-satunya cara agar dapat melebur menjadi satu kekuatan adalah cepat untuk beradaptasi. Inisiatifnya harus lebih kuat dan juga menjadi pelopor zona integritas guna meraih trust dan respek publik,” ucapnya.


Tak hanya itu, dikatakan anggota muda perlu diberikan bimbingan dan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas yang diletakkan diawal program sebagai bagian dari proses adaptasi dan menyamakan frekuensi kerja.


“Semangat baru ini yg menurut saya harus ada dianggota2 baru parlemen bangkalan. Mereka harus menjadi pembelajar yg cepat dan progresif agar tugas2 itu efektif dan efisien serta berdampak pd output dan outcome kinerja dewan,” paparnya. (Isn/nhs)

%d blogger menyukai ini: