Beranda Edukasi Belum Ditemukan Vaksin, Ketahanan Tubuh Kunci Tangkal Covid-19

Belum Ditemukan Vaksin, Ketahanan Tubuh Kunci Tangkal Covid-19

29
0

Surabaya, Memox.co.id Himbauan pemerintah kepada masyarakat agar mematuhi kebijakan terkait pencegahan Covid-19 dengan cara menjaga jarak, mengurangi aktivitas di luar dan menghindari kerumunan, sudah sepatutnya dipahami dengan baik. Hal ini dikarenakan hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang bisa digunakan untuk melawan Covid-19. Lantas seperti apakah pengobatan pasien positif Corona agar bisa sembuh?

Direktur RSU dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi mengatakan, Covid-19 bisa kalah jika ketahanan tubuh pasien baik. “Jadi sembuh itu begini, virus ini (Covid-19) sampai saat ini hanya mati dengan ketahanan tubuh. Jadi kalau virus obatnya sesungguhnya pencegahan dengan vaksin, maka virus tidak bisa masuk. Tetapi saat ini belum ada vaksin yang bisa menyembuhkan dari Covid-19,” kata dr Joni di Gedung Grahadi Surabaya, Minggu (29/3/2020).

dr Joni Wahyuhadi memberikan contoh pasien positif Corona yang pernah ditangani oleh pihaknya. Menurutnya, pasien yang terkena Covid-19 kondisinya menurun. “Nah saat kondisi menurun biasanya muncul infeksi di paru-paru gejala sesak napas, masalah di sistem pencernaan perut. Lalu apa obatnya saat infeksi? Ya kita beri antibiotik untuk mengatasi infeksi tersebut,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Komandan Gugus Kuratif Penanganan Covid-19 di Jatim ini juga menyebut ada cara lain untuk mengatasi Covid-19. “Sebetulnya virus Corona itu ya obatnya suportif. Kalau sesak napas, jalan napasnya dibantu dengan diberi oksigen. Jadi jalan napasnya dibantu, diinfus nutrisi, vitamin. Lalu juga dibuat suasana nyaman, itu sudah cukup,” terangnya.

“Saat pasien positif Corona punya komplikasi penyakit khusus, baru penanganan yang sangat khusus,” pungkasnya. (det/fik)