2024, Pemkab Malang Targetkan Investasi Masuk Hingga Rp5,94 Triliun

2024, Pemkab Malang Targetkan Investasi Masuk Hingga Rp5,94 Triliun
ilustrasi investasi. (foto:ist)

MEMOX.CO.ID – Realisasi investasi di Kabupaten Malang semakin melejit pada tahun 2023. Secara akumulatif, nilainya meningkat 3,73 persen jika dibandingkan pada 2022 lalu. Untuk tahun 2024 ditargetkan nilai investasi masuk sebesar Rp 5,94 triliun.

Analis Kebijakan Ahli Madya Endah Dwi Suhesti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang menyebutkan, hingga akhir 2023, investasi yang masuk ke Kabupaten Malang sudah tercatat Rp5,56 triliun.

“Sedangkan tahun 2022, investasi yang masuk hanya sekitar Rp 5,36 triliun,” katanya belum lama ini.

Maka dari itu, di tahun 2024 ini, Endah berharap, nilai investasi bisa lebih meningkat sebesar 7 persen dibandingkan dengan perolehan pada 2023. Sehingga ditargetkan, pada akhir 2024 nanti, nilai investasi di Kabupaten Malang mencapai Rp 5,94 triliun.

Endah menambahkan, dalam mencapai target itu, Pemkab akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) kepada para pelaku usaha. Disamping itu, juga melakukan pendampingan LKPM dan membuka layanan LKPM saat pelaporan.

Dengan begitu, ia berharap, semua pelaku usaha bisa mengisi LKPM yang memang itu diwajibkan. Sebab, sejauh ini, kata Endah, belum semua pelaku usaha melaporkan nilai investasinya.

Dari data DPMPTSP Kabupaten Malang disebutkan, jumlah total perusahaan yang wajib melaporkan investasi per tiga bulan sekitar 554 perusahaan. Terdiri dari 54 perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan sekitar 500 perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Namun demikian, pada triwulan IV, yang melaporkan investasinya hanya 19 perusahaanPMA dan 295 perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Padahal, berdasarkan arahan Kementerian Investasi/BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), perusahaan-perusahaan yang tidak melaporkan investasinya akan menerima surat teguran.

“Ketika surat teguran tidak ditanggapi sampai tiga kali, maka NIB (Nomor Izin Berusaha) dapat dibekukan,” pungkasnya. (nif/ono)